Kiat Merawat Laptop



Laptop itu sangat butuh perhatian/perawatan agar tetap sehat dan tahan lama.
Laptop itu barang elektronik yang sangat sensitif, dan komponen laptop itu lebih mahal dibandingkan komponen komputer desktop atau PC.
Nah, untuk menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi pada laptop kesayangan kita, lakukanlah tips merawat laptop yang kami himpun berikut :

1. Jangan sembarang mendownload berbagai software dari internet
Usahakan jangan download software yang tidak jelas sumber dan pengembangnya karena bisa membahayakan laptop tersebut. Pakailah software-software yang resmi dan terpercaya. Jika software hasil download sebaiknya scan dulu dengan antivirus dan bila memang mengandung malware atau virus berbahaya pada software tersebut, jangan dipaksakan untuk diinstal. Bila terlanjur download, hapus segera sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Jangan menginstall software yang jarang dipakai dan tidak berguna
Beragam software yang sudah diinstal, ntah karena nafsu atau apa, jika tidak dipakai dan tidak berguna lakukan tindakan eksekusi segera daripada laptop anda dipenuhi sampah.

3. Jangan meletakkan laptop diatas kasur saat sedang menyala
Dampak yang ditimbulkan cukup besar. Karena dapat menghambat rongga yang terletak di bawah yang semestinya terbuka saat laptop berada pada bidang datar. Dan debu pada kasur juga dapat membahayakan.

4. Jaga kebersihan laptop anda
Usahakan laptop anda tidak terkena ada debu sama sekali, setiap setelah pemakaian selalu lap dengan kain lembut dan bersih agar bebas dari debu. Pakailah pelindung layar dan pelindung keypad.

5. Hindari getaran elektromagnetik
Jauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.

6. Rapikan kabel-kabel yang terhubung
Sebisa mungkin kabel-kabel ke laptop itu harus tertata rapi.

7. Rawatlah baterai laptop secara teratur
Hendaknya saat memakai laptop untuk waktu yang lama, baterai diisi penuh terlebih dahulu dengan catatan saat sedang diisi tidak dimainkan. Lalu jika sudah penuh cabut chargerannya lalu mainkan sampai baterai sisa sedikit lagi. Jaga sirkulasi udara juga, karena ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka dapat menyebabkan over-heating.

8. Jangan menaruh benda apapun diatas laptop

9. Jangan sekali-kali untuk mencoba pindah-pindahkan laptop saat masih hidup.
Laptop yang masih hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal.

10. Jika laptop anda bermasalah, jangan coba-coba betulkan sendiri tanpa pengetahuan yang pasti. 
Lebih baik diserahkan ke tukang service terdekat. Karena jika anda membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin berat.

Dari yang terpenting adalah :
Kartu Garansi anda Jangan Sampai Hilang

Demikian beberapa kiat merawat laptop yang mungkin dapat berguna bagi sobat 404 OK! yang kami ringkas dari sini.
Semoga Kiat Merawat Laptop bermanfaat bagi pengunjung 404 OK!. | » Follow » Comment.

Artikel Terkait dengan Kiat Merawat Laptop

Description: Kiat Merawat Laptop Rating: 5.0 Reviewer: 404 OK! Reviewers ItemReviewed: Kiat Merawat Laptop
Komentar
0 Comments

Post a Comment, Berikan komentar sobat agar kita bisa lebih akrab... hehehe!

 
Ben Nafi | Share | kioseo | Warung Gratis | Warung Gratis